Harga Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot  menjadi salah satu burung khas pekicau namun dibanderol dengan harga ekonomis. Ditambah lagi dengan eksistensi para pencinta Cucak Jenggot melalui komunitas pencinta burung. Kondisi tersebut yang membuat harga burung Cucak Jenggot tidak begitu mahal.

Harga yang dipatok untuk Cucak Jenggot bakalan memang masih terjangkau. Kemudian mencapai harga hingga ratusan ribu untuk Cucak Jenggot dewasa. Terakhir, harga Cucak Jenggot mencapai jutaan, terutama pada jenis burung yang mencapai tahap full gacoran atau pandai berkicau.

Ciri-Ciri Burung Cucak Jenggot

harga burung cucak jenggot

Cucak Jenggot termasuk ke dalam keluarga Pynonotidae atau burung cucak-cucakan yang disebut sebagai Bulbuls (bahasa inggris). Kemudian dari sekian banyaknya jenis burung Cucak di Indonesia maka Cucak Jenggot kian menyedot perhatian para pencinta burung berkicau.

Sering mengikuti kontes burung membuat Cucak Jenggot atau CJ kian diminati oleh para penggemarnya. Sebab mampu berkicau dan mengeluarkan suara yang merdu. Hal itu pula yang mendorong banyak orang untuk memelihara burung dari mulai anakan, bakalan hingga gacoran.

Selain mengetahui harga yang kompetitif, para penggemar Cucak Jenggot pemula juga harus mengetahui sisi uniknya. Supaya tidak salah kaprah dalam memahami tingkah burung dan langkah perawatan yang harus dilakukan. Lantas apa saja ciri-ciri Cucak Jenggot?

  1. Ukuran tubuh sekitar 20cm dengan tubuh bagian atas berwarna zaitun, ekor berwarna merah dan tenggorokan berwarna putih
  2. Ukuran paruh “sedang” dengan ujung sangat runcing dan agak bengkok
  3. Cucak Jenggot bisa memakan biji-bijian, buah, sayur, kroto, ulat dan serangga kecil lainnya
  4. Cucak Jenggot jantan memiliki suara lebih variatif dan vokal lebih kencang dibandingkan betina
  5. Bukan termasuk burung petarung namun emosi muncul saat musim kawin atau merasa terganggu
  6. Cucak Jenggot jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan Cucak Jenggot betina
  7. Memiliki sarang berbentuk cawan namun susunannya tampak kurang rapi

Video Suara Cucak Jenggot Gacor

Keunikan Burung Cucak Jenggot

harga burung cucak jenggot

Perhatian mulai mengalir kepada burung Cucak Jenggot sehingga memperoleh banyak perkembangan yang signifikan. Seperti makin banyak tempat budi daya, permintaan konsumen dan harga burung Cucak Jenggot yang kian merangkak naik.

Burung Cucak Jenggot atau Empuloh memiliki nama latin Alophoxius Bres yang berkicau nyaring dan ribut. Adapun persebaran habitatnya berada di Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Palawan dan beberapa daerah di Indonesia.

Kawasan tempat tinggal Cucak jenggot adalah hutan primer hingga sekunder dan semak belukar rendah yang rapat. Kemudian senang hinggap di atas pohon dan berinteraksi dengan beragam jenis burung lainnya.

Memilih Cucak Jenggot sebagai peliharaan memang keputusan yang besar. Sebab akan banyak tahap dan pengalaman yang menyenangkan saat merawat burung cantik satu ini. Lalu apa saja keunikan Cucak jenggot? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Bentuk fisik yang lucu untuk seekor burung berkicau yang sering mengikuti lomba
  2. Memiliki bulu panjang di bawah dagu seperti jenggot khas para orang tua
  3. Mudah dirawat dengan risiko kematian yang lebih kecil
  4. Memiliki suara yang keras dengan istilah beset-besetan atau suara tembakan tajam
  5. Cucak Jenggot adalah burung lomba dan burung master
  6. Suara kicauan Cucak Jenggot sangat merdu dengan gaya variasi ngeroll yang beragam
  7. Mudah dijinakkan sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan manusia
  8. Mudah menyahut agresif apabila ada burung lain yang berkicau lebih keras

Jenis-Jenis Burung Cucak Jenggot

harga burung cucak jenggot

Secara luas burung Cucak Jenggot memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda. Kondisi tersebut berdasarkan pada penyebaran subspesies dan jenis CJ yang ditemukan di Indonesia. Daripada penasaran, simak penjelasan berikut ini!

Jenis-Jenis Cucak Jenggot Berdasarkan Subspesies

  1. Tephrogenys
  2. Bres
  3. Gutturalis
  4. Frater

Jenis Cucak Jenggot di Indonesia

1. Cucok Jenggot Kalimantan

harga burung cucak jenggot

Cucok Jenggot Kalimantan adalah burung endemik yang mungil. Sehingga sering disebut sebagai Cucak Jenggot mini namun memiliki suara yang indah untuk didengar. Cucak Jenggot mungil berasal dari subspesies Gutturalis.

Jika Cucak Jenggot mungil “biasa” ditawarkan dengan harga kurang dari lima ratus ribu rupiah. Maka harga burung Cucak Jenggot gacor mungil nilainya dapat berkali-kali lipat.

Cucak Jenggot mungil memiliki 3 perpaduan warna bulu yang kian mempercantik tampilannya. Salah satunya warna cokelat dari jambul kepala hingga ke ekor. Kemudian janggut berwarna putih dengan gradasi cokelat. Terakhir, warna kehijauan di area perut hingga ke anus.

2. Cucak Jenggot Jawa

harga burung cucak jenggot

Cucak Jenggot Jawa adalah jenis Cucak yang tinggal di pulau Jawa. Memiliki bentuk tubuh lebih tinggi dan ramping. Cucak Jenggot Jawa berasal dari subspesies Bres meskipun memiliki kesamaan bentuk tubuh dengan Cucak Jenggot Mungil.

3. Cucak Jenggot Medan

harga burung cucak jenggot

Cucak Jenggot Medan adalah salah satu Cucak Jenggot yang berada di Medan. Di Kota Medan tersendiri terkenal dengan 2 jenis Cucak Jenggot yaitu Cucak Jenggot Medan dan Cucak Jenggot Sumatera. Keduanya memiliki kriteria serupa seperti pada warna bulu.

Cucak Jenggot dari Medan berasal dari subspesies bernama Tephrogenys. Adapun harga burung Cucak Jenggot Medan biasa dibanderol dengan harga lebih murah yakni kurang dari dua ratus ribu rupiah.

Akan tetapi berbeda dengan burung Cucak Jenggot Medan gacor yang dibanderol dengan harga di atas lima ratus ribu rupiah. Kemudian harganya jadi kian tinggi jika burung tersebut hendak dijadikan masteran atau sering memenangkan berbagai perlombaan burung.

Harga Burung Cucak Jenggot Terbaru

harga burung cucak jenggot

Membahas tentang harga burung Cucak Jenggot memang ditawarkan dengan beragam. Mulai dari harga yang paling rendah hingga harga paling tinggi sekalipun. Pada beberapa kesempatan juga telah ditemukan Cucak Jenggot yang dibanderol dengan harga di atas lima juta rupiah.

Harga Cucak Jenggot akan semakin tinggi tatkala sering memenangkan beragam perlombaan. Sebab salah satu poin penilaian lomba adalah suara Cucak Jenggot yang luar biasa. Sehingga tujuan memiliki Cucak Jenggot umumnya sebagai hewan peliharaan dan memperoleh juara lomba kicau.

Saat ini tersedia sentra penjualan burung Cucak Jenggot dengan koleksi yang lengkap, salah satunya dapat ditemukan di pasar Pramuka. Sehingga pembeli tidak perlu berkunjung langsung ke tempat endemik burung Cucak Jenggot berasal untuk mendapatkan burung idaman.

Jika ingin memiliki burung Cucak Jenggot ternama, maka cek dulu update harganya. Lantas berapa harga burung Cucak Jenggot terbaru? lihat disini!

NoNama Jenis BurungHarga
1Burung Cucak Jenggot MedanRp150.000 – Rp250.000
2Burung Cucak BahanRp100.000 – Rp150.000
3Burung Cucak Jenggot BakalanRp100.000
4Burung Cucak Jenggot GacorRp500.000
5Burung Cucak Jenggot NgerolRp300.000 – Rp350.000
6Burung Cucak Jenggot Usia SetahunRp400.000 – Rp500.000
7Burung Cucak Jenggot JantanRp150.000
8Burung Cucak Jenggot SumateraRp150.000 – Rp250.000
9Burung Cucak Jenggot JawaRp300.000
10Burung Cucak Jenggot JuaraRp2000.000
11Burung Cucak Jenggot Juara NasionalRp10.000.000

Memelihara Cucak Jenggot di rumah tidak memerlukan perawatan yang begitu rumit. Pemilik hanya perlu melakukan langkah perawatan dasar secara rutin. Seperti menyemprot burung dan menambahkan menu suplemen yang diberikan secara berkala dalam periode tertentu.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar