Harga Burung Decu

Burung Decu masih dalam satu keluarga dengan Kacer Hitam. Kedua burung ini memiliki keunikan yang sama. Populasi burung ini masih tinggi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga harga burung Decu masih stabil dan murah.

Burung dengan nama latin Saxiola Caprata ini memiliki karakteristik yang unik. Ciri fisiknya dapat dilihat dengan mudah untuk membedakan Decu jantan dengan Decu betina. Bentuk tubuhnya yang mungil dan menarik.

Burung yang tinggal di dahan pohon, atau di tiang, semak, dan kabel-kabel ini mudah ditemukan di pemukiman. Burung ini dapat hidup berdampingan dengan manusia karena mempunyai sifat dan mental yang kuat.

Ciri-Ciri Burung Decu

harga burung decu

Burung Decu mempunyai ciri khas yang dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Tubuhnya memiliki panjang sekitar 13 cm sehingga terlihat sangat mungil dan memggemaskan. Warna bulu Decu yang sangat khas yang mudah dikenali.

Seluruh bulunya berwarna hitam sehingga mudah dikenali saat pertama melihat burung ini. Pada bagian sayapnya terdapat sentuhan garis lengkung berwarna putih. Garis tersebut yang membuat burung ini terlihat cantik.

Burung Decu mempunyai suara kicauan yang sangat lantang dan nyaring. Tidak heran jika banyak yang mencari burung ini untuk hewan hias dan peliharaan. Burung ini suka bertengger di semak-semak, diatas pohon, kabel maupun tiang.

Burung Decu bisa hidup di dekat pemukiman yang dekat dengan manusia. Maupun di alam terbuka bersama berbagai jenis burung lainnya. Burung Decu tidak hanya ditemukan di Indonesia saja, namun merambah ke berbagai daratan lainnya.

Ciri khas burung ini dapat bersentuhan dengan manusia maupun banyak orang. Saat ini populasi burung Decu masih terjaga sehingga mudah ditemukan di berbagai tempat dan wilayah di Indonesia. Baik itu di pedesaan, kebun, lapangan, pesawahan, dan sebagainya.

Makanan burung mini ini adalah serangga kecil yang ada di tanah. Decu akan turun dari tempatny dan mengais tanah dengan kakinya untuk mencari makanan. Saxiola Caprata bisa ditemukan di Asia Tenggara, Asia Tengah dan Asia Barat.

Di Indonesia sendiri burung ini memiliki empat ras yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Decu menjadi idola para pecinta burung maupun hewan hias karena karakteristiknya yang unik dan menarik. Burung Decu tidak mudah stress dan takut saat dipelihara oleh manusia.

Walaupun burung ini dapat dijadikan burung hias, harga burung Decu tetap stabil dan terjangkau. Sebagai burung yang hidup berdampingan dengan manusia, burung ini sangat familiar dan mudah ditemui.

Video Suara Burung Decu Gacor

Keunikan Burung Decu

Keunikan Burung Decu

Selain memiliki ciri yang sangat khas dari bentuk fisiknya maupun kicauanya, burung Decu juga memiliki keunikan lain. Hal ini yang membuat Decu banyak disukai kalangan pecinta burung hias di seluruh Indonesia.

Kelebihan burung Decu bisa dibedakan sesuai dengan jenis kelaminya. Dari kelebihan tersebut menjadi keunikan burung Decu dimata pecinta burung. Burung ini memiliki nafsu makan yang baik sehingga terlihat sehat meski ukurannya sangat kecil.

Burung Decu sangat rajin berkicau dan aktif bergerak. Hal ini menjadi nilai plus dari burung hias ini. Dengan tubuhnya yang unik dan sempurna, Decu tidak mempunyai kecacatan pada bagian tubuh maupun sayapnya. Keunikan lain bisa dilihat dari jenis kelamin Decu.

Saxiola Caprata jantan memiliki bentuk kepala lebih besar daripada betina. Serta pada bulunya berwarna hitam pekat berbeda dari betina yang berwarna coklat. Kebiasaan saat tidur burung Decu juga sangat unik. Matanya akan tertutup dan bertengger pada dahan pohon atau tiang.

Jika dilihat dari kicauannya, burung Decu jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi daripada betina. Harga burung Decu yang normal dan sifatnya yang unik membuat burung ini banyak dicari dan dijadikan burung hias di rumah maupun tempat lain.

Keunikan lain dari burung Decu adalah warna bulunya. Terdapat warna putih yang melengkung pada sayapnya yang membuatnya terlihat dangat cantik. Untuk burung Decu betina bulunya lebih kecoklatan dengan ukuran yang lebih ramping.

Jenis-jenis Burung Decu

harga burung decu

Di Indonesia terdapat empat ras burunh Decu yang tersebar di berbagai wilayah. Burung ini cukup terkenal diantara burung lainnya terutama burung hias dengan kicauan yang nyaring dan lantang. Sehingga burung Decu gacor mempunyai harga yang lebih tinggi.

Jenis burung Decu adalah sebagai berikut.

1. Francki Rensch

Jenis Decu yang satu ini banyak hidup di Pulau Sumba. Burung ini memiliki suara kicauan yang nyaring dan sering dijadikan burung hias. Harganya sangat terjangkau dan populasinya masih banyak di Pulau tersebut.

2. Albonotatus

Burung Decu jenis ini memiliki penyebaran di wilayah Pulau Sulawesi. Bentuk tubuhnya mungil dan hampir mirip dengan jenis Decu pada umumnya.

3. Fruticola Horsfield

Seperti namanya, jenis burung Decu yang satu ini banyak dijumpai di alam terbuka. Penyebaranya di Florest da Pulau Jawa dengan populasi yang masih tinggi dan terjaga dengan baik.

4. Pyrrhonotus

Decu Pyrrhonotus hidup dan tersebar di wilayah Nusa Tenggara. Harga burung Decu ini memiliki selisih dari jenis lainnya karena karakteristik burung ini juga cukup unik dan menarik.

Wilayah penyebaran burung Decu sangat menentukan karakteristik burung tersebut. Karena faktor alam yang berbeda termasuk suhu dan makanannya. Burung Decu mampu menyebar ke seluruh daratan di Indonesia bahkam di benua Asia.

Jenis burung Decu di Indonesia tersebut digolongkan sesuai dengan rasnya. Ras burung Decu dibedakan berdasarkan penyebaran wilayahnya, salah satunya Decu wulung. Sehingga tidak heran jika burung ini banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia termasuk di Pulau Jawa.

Daftar Harga Burung Decu Terlengkap

harga burung decu

Jika ingin memiliki burung mungil yang keren ini, perhatikan terlebih dahulu kondisi burung tersebut. Harg burung Decu sangat beragam dan bisa golongkan sesuai dengan jenisnya. Atau perawakannya termasuk Decu yang sudah dewasa atau masih anakan.

Burung Decu juga bisa dibeli di pasar Burung atau hewan hias jenis unggas. Karena populasu burung ini masih tinggi di berbagai wilayah Indonesia sehingga harganya juga masih aman dan terjangkau. Harga burung Decu Kembang mulai dari ratusan ribu rupiah.

Saxiola Caprata memiliki kebiasaan yang sangat unik yaitu sering bertengger diatas pohon. Biasanya berada di kabel atau tiang dekat rumah sehingga burung ini tidak mudah stress jika bertemu dengan manusia atau dijadikan sebagai burung hias.

Daftar harga burung Decu adalah sebagai berikut

Jenis Burung DecuHarga di Pasaran
Burung Decu GacorRp. 250.000 s/d Rp. 350.000
Burung Decu KembangRp. 100.000 s/d Rp. 300.000
Burung Decu BahanRp. 80.000 s/d Rp. 100.000
Burung Decu MiniRp. 80.000
Burung Decu JantanRp. 100.000 s/d Rp. 300.000
Burung Decu BetinaRp. 100.000 s/d Rp. 300.000
Burung Decu AnakanRp. 100.000 s/d Rp. 300.000
Burung Decu BakalanRp. 80.000 s/d Rp. 100.000

Burung Decu dapat hidup saling berdampingan dengan manusia. Sehingga mudah ditemukan di berbagai tempat dan wilayah termasuk di pemukiman warga. Harganya pun sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong.

Burung Decu merupakan burung hias yang sangat unik dan menarik. Dari bentuknya berukuran kecil namun kicauannya sangat lantang. Harga burung Decu juga sangat terjangkau untuk dijadikan sebagai burung hias di rumah.

Demikianlah informasi yang dapat kami hadirkan untuk Anda mengenai harga burung Decu. Semoga hadirnya tulisan ini bisa membantu Anda untuk mengenal lebih jauh lagi tentang karakter dan keunggulan si burung mungil ini yaa.

Daftar harga burung Decu yang dipaparkan juga semoga dapat menjadi bahan referensi untuk Anda sehingga bisa tahu kisaran harga yang perlu dipersiapkan untuk membelinya. Jika ingin menghemat biaya, maka belilah burung yang masih anakan karena harganya yang cenderung paling murah daari yang sudah dewasa.

Dengan uang di bawah Rp 100.000 maka Anda sudah dapat membeli dan membentuk burung jadi pekicau tangguh dengan melakukan perawatan dan latihan yang benar tentunya.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar