Harga Burung Gagak

Burung gagak yang identik dengan mata hitam dikenal sebagai burung yang memiliki kecerdasan tinggi. Burung gagak juga dikenal dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak jarang burung gagak ini diperjualbelikan.

Di pasaran, harga burung gagak ini sangat beragam, ada yang murah sampai yang relatif mahal. Hal ini karena beberapa karakteristik yang dimiliki burung gagak yang membuat harga dari burung gagak relatif mahal.

Karakteristik Burung Gagak

Harga Burung Gagak

Selama ini, burung gagak sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Di balik semua itu, ternyata ada beberapa karakteristik burung gagak yang jarang diketahui orang. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Gagak Merupakan Jenis Hewan yang Cerdas

Sebagai salah satu jenis unggas, gagak merupakan hewan yang cerdas. Sebuah penelitian di Jepang telah membuktikan, bahwa gagak memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding dengan jenis burung lainnya.

Burung gagak dikenal mampu mengingat beberapa hal dengan sangat baik. Selain itu. burung gagak juga mempunyai kemampuan menyusun suara yang baik, dimana kemampuan itu setara dengan kemampuan bahasa pada manusia primitif.

Burung gagak juga memiliki kemampuan untuk membedakan simbol-simbol tertentu yang mewakili jumlah suatu benda. Burung gagak biasanya dikenal juga sebagai hewan yang sering bertengger di ban yang tergeletak di pinggir jalan.

  1. Hewan yang Setia Kepada Pasangan

Ciri khas lain yang dimiliki hewan ini yaitu setia kepada pasangan. Burung gagak jantan hanya akan mengawini satu betina saja sepanjang hidupnya. Sementara itu, lama masa hidupnya adalah mencapai 21 tahun untuk beberapa spesies.

Perkawinan baru pada burung gagak jantan, hanya akan dilakukan ketika terjadi dua hal. Pertama ketika telur betina tidak menetas. Kedua, ketika betina pasangannya mengalami kematian. Selain kedua hal tersebut, maka burung gagak jantan akan sangat setiap pada pasangan seumur hidup.

  1. Dapat Bekerja Sama dengan Baik

Ciri selanjutnya adalah burung gagak memiliki kemampuan bekerja sama yang baik. Kerja sama antar gagak ini dapat dilihat ketika proses membangun sarang. Burung gagak akan bergantian dengan pasangannya untuk membangun sarang dan mencari makanan.

Adapun dalam hal mencari makanan, gagak biasanya akan berkerumun membentuk kelompok kemudian saling bekerja sama untuk mencari makanan. Selain itu, burung gagak juga kerap berbagi makanan antar sesamanya. Semua itu dilakukan secara terorganisasi.

  1. Hewan yang Setia kepada Kawanannya

Selain dikenal sebagai hewan yang setia terhadap pasangannya, burung gagak juga dikenal sebagai hewan yang setia kepada kawanannya. Hal ini dapat dilihat ketika ada satu gagak yang terluka atau mengalami kesulitan. Biasanya, gagak yang lain akan ikut membantu.

Setia kawan tersebut juga dapat dilihat dari seringnya burung gagak terbang secara berkelompok. Hal ini semakin menunjukkan bahwa gagak merupakan hewan yang setia pada kawannya.

Video Suara Burung Gagak Unik

Jenis-jenis Burung Gagak di Indonesia

Dari sekitar 40 jenis spesies gagak yang ada di seluruh dunia, terdapat 9 jenis diantaranya yang dapat ditemukan di Indonesia. Jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Gagak Hutan (Slender-billed Crow)

Harga Burung Gagak

Gagak hutan atau yang memiliki nama latin Corvus enca ini merupakan jenis gagak yang tersebar di wilayah Brunei Darusalam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Seperti namanya, gagak jenis ini banyak ditemui di wilayah hutan.

  1. Gagak Flores (Flores Crow)

Harga Burung Gagak

Gagak jenis ini memiliki nama latin Corvus florensis, merupakan spesies endemik di Indonesia, khususnya di Pulau Flores dan Inca.

  1. Gagak Kampung (Large-billed Crow)

Harga Burung Gagak

Dikenal juga dengan nama latin Corvus macrorhynchos, gagak ini memiliki wilayah persebaran yang cukup luas selain di Indonesia, yaitu di negara Afghanistan, Bhutan, Kamboja, China, India, Malaysia, Jepang, Korea, Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Vietnam

  1. Gagak Orru (Torresian Crow)

Harga Burung Gagak

Gagak yang memiliki nama latin Corvus orru ini tersebar di beberapa wilayah selain di Indonesia, yaitu di Australia dan Papua Nugini. Di Indonesia sendiri, gagak ini mudah dijumpai di wilayah Maluku dan Papua.

  1. Gagak Sulawesi (piping Crow)

Harga Burung Gagak

Memiliki nama latin Corvus typicus. Seperti namanya, gagak ini merupakan hewan endemik di Indonesia, khususnya di Sulawesi.

  1. Gagak Kelabu (Grey Crow)

Harga Burung Gagak

Gagak yang memiliki nama latin Corvus tristis ini dapat ditemukan di wilayah Papua dan Papua Nugini.

  1. Gagak Banggai (Banggai Crow)

Harga Burung Gagak

Selanjutnya adalah gagak banggai, yang memiliki nama latin Corvus unicolor. Gagak ini merupakan gagak endemik atau hanya dapat dijumpai di Indonesia, khususnya di daerah Sulawesi Tengah, lebih khusus lagi di Kepulauan Banggai.

  1. Gagak Kepala Coklat (Brown-Headed Crow)

Harga Burung Gagak

Dikenal juga dengan istilah Corvus fuscicapilus, gagak jenis ini merupakan hewan endemik yang hanya dapat dijumpai di wilayah Papua, Indonesia.

  1. Gagak Halmahera (Long-billed Crow)

Harga Burung Gagak

Terakhir adalah gagak halmahera yang memiliki nama latin Corvus validus. Gagak jenis ini hanya bisa dijumpai di wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Halmahera, Morotai, Kasiruta, Kayoa, Bacan, serta Obi.

Jenis Burung Gagak yang Dijumpai di Pasaran Indonesia

Selain ke sembilan gagak yang telah disebutkan di atas, terdapat jenis gagak lain yang sering dijumpai di pasaran, yaitu sebagai berikut.

  1. Gagak Hitam

Harga Burung Gagak

Burung gagak ini merupakan burung gagak yang paling sering dijumpai. Seperti namanya, burung gagak ini memiliki warna hitam pekat. Burung ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti salah satunya sebagai pertanda kematian. Burung gagak hitam ini banyak diperjualbelikan di pasaran.

Harga burung gagak hitam ini sangat beragam, dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti ukuran burung, usia burung, dan lain sebagainya. Salah satu tempat yang terkenal dengan jual beli burung gagak hitam adalah Jogja.

  1. Gagak Putih

Harga Burung Gagak

Selanjutnya adalah burung gagak putih atau sering juga disebut sebagai gagak albino. Gagak jenis ini merupakan gagak yang memiliki warna campuran antara hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih pada gagak putih ini beragam.

Ada yang berwarna putih di bagian tertentu saja, ada juga yang keseluruhan badannya berwarna putih. Umumnya, harga burung gagak putih di pasaran akan lebih mahal dibandingkan harga gagak hitam. Hal ini karena gagak putih cukup langka dan jarang ditemui.

  1. Gagak Jawa

Harga Burung Gagak

Seperti namanya, burung gagak ini banyak dijumpai di Pulau Jawa. Harga burung gagak jawa biasanya tidak begitu berbeda dengan harga gagak hitam. Harganya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kualitas lolohan dari burung gagak tersebut.

Selain ketiga gagak tersebut, ada salah satu gagak yang cukup terkenal karena keunikkannya memiliki jari 3. Gagak ini jarang ditemui dan bisa dibilang cukup langka di pasaran. Orang yang memiliki gagak jenis ini biasanya tidak tertarik untuk menjualnya.

Harga Burung Gagak Terbaru Hari Ini

Jenis Burung GagakHarga (Rp)
Burung Gagak Siap Kicau2.000.000
Burung Gagak Dewasa1.500.000
Burung Gagak Anakan1.300.000
Burung Gagak Hitam Anakan1.300.000
Burung Gagak Putih Siap Kicau2.000.000
Burung Gagak Mata Merah Dewasa1.500.000

Harga burung gagak memang sangat beragam dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya besar gagak, usia gagak, kemampuannya dalam mencari mangsa, suaranya, dan lain sebagainya. Ada satu tempat popular yang menjual burung gagak, yakni di pasar pramuka.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar