Harga Burung Kapas Tembak

Pada awal kemunculannya, banyak pecinta burung yang tidak memiliki minat terhadap burung kapas tembak ini. Akan tetapi, lambat laun burung ini populer di kalangan pecinta burung kicau. Harga burung Kapas Tembak pun tergolong murah, bahkan masih banyak ditemukan hidup bebas di hutan.

Setelah menyadari suara yang dihasilkan lumayan merdu, Kapas Tembak mulai digunakan sebagai master. Tidak jarang pula, burung jenis ini dilatih untuk diikutkan dalam perlombaan. Sampai saat ini, penggemar Kapas Tembak terus meningkat.

Ciri-Ciri Burung Kapas Tembak yang Bagus

harga burung kapas tembak

Kapas Tembak bukan jenis burung petarung. Namun, ketika merasa daerah teritorialnya terancam, burung ini akan terlihat agresif. Burung ini juga memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup tinggi. Sehingga, mudah dijinakkan oleh manusia. Selain itu, juga mudah menimpali kicauan burung di sekitarnya.

Apabila ingin memelihara Kapas Tembak bahan, sebaiknya harus selektif saat memilihnya. Pilih bakalan yang memiliki postur tubuh bagus dengan kriteria panjang leher, badan, dan kaki seimbang. Jangan memilih burung dengan postur pendek.

Kapas Tembak yang bagus memiliki paruh yang berpangkal besar, lebar, panjang, dan tebal. Pastikan baruh bagian bawah lurus, jangan memilih burung dengan paruh bengkok. Perhatikan juga posisi lubang hidung, pastikan berdekatan dengan mata.

Kapas Tembak sehat ditandai dengan cengkeraman kaki yang kuat dan sayap mengepit rapat. Memiliki nafsu makan cukup tinggi dan bergerak aktif. Rajin mengeluarkan suara merupakan tanda bakalan tersebut memiliki prospek bagus.

Menurut beberapa ahli burung, warna bulu yang tegas dan kering merupakan tanda Kapas Tembak memiliki suara panjang saat dewasa. Selain itu, jambul dan jenggot yang lebih menunjukkan burung lebih berani ketika berhadapan dengan lawan ketika dilombakan.

Perawatan Burung Kapas Tembak

Sama seperti jenis burung pada umumnya, Kapas Tembak juga membutuhkan perawatan khusus. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan burung Kapas Tembak;

  1. Makanan Kapas Tembak

Kapas tembak menyukai buah-buahan seperti apel, pepaya, pir, pisang, dan lainnya. Sangat disarankan memberikan lebih banyak pepaya, karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh burung.

Bukan hanya itu, tekstur pepaya bagus untuk sistem pencernaan Kapas Tembak. Memberikan tambahan pakan seperti voer juga disarankan. Pilih produk yang memiliki kadar protein sekitar 12% – 18%. Voer tidak boleh dikonsumsi setelah lebih dari 2 hari berada di cepuk.

Tambahan pakan lainnya yang bagus untuk Kapas Tembak adalah belalang, cacing, kelabang, telur rang-rang, ulat hongkong, dan masih banyak lagi. Ketahui karakteristik burung sebelum memberi makanan tambahan, ketahui pula dampak dari pemberian makanan tambahan tersebut.

Buah-buahan dapat diberikan setiap hari, dengan selingan memberikan buah berbeda setiap harinya. Telur rang-rang hanya boleh diberikan 3 kali dalam seminggu dengan takaran 1 sendok teh. Sedangkan ulat Hongkong diberikan 3 kali seminggu dengan takaran 5 ekor sekali makan.

  1. Perawatan Sehari-Hari Burung Kapas Tembak

Perawatan Kapas Tembak tidak jauh berbeda dengan burung kicau lainnya. Angin-anginkan setiap pukul 07.00. Kemudian mandikan pada pukul 07.30, bisa dengan cara disemprot atau di karamba. Bersihkan kandang dari kotoran setiap hari.

Jangan lupa membersihkan tempat makan dan minum dua hari sekali, sekaligus mengganti voer dan air minum. Berikan buah-buahan yang segar setiap hari. Letakkan dua ekor jangkrik di cepuk khusus makanan tambahan.

Penjemuran dilakukan selama 2 jam dalam sehari, waktu yang tepat pada pukul 08.00 hingga 11.00. Pastikan selama menjemur burung tidak berdekatan atau bertemu dengan burung sejenis.  Setelah menjemur, angin-anginkan burung selama kurang lebih 15 menit.

Waktu pelatihan yang baik mulai pikul 10.00 hinga 15.00, gunakan burung jenis Cucak Jenggot atau Kapas Tembak yang lain sebagai master. Setelah latihan selesai, boleh memandikan lagi bila diperlukan. Angin-anginkan kembali pada pukul 15.30.

Setelah itu, beri jangkrik 2 ekor dan letakkan pada cepuk khusus pakan tambahan. Hindari menyuapi jangkrik secara langsung, hal ini dapat membuat burung merasa tertekan dan menunjukkan sifat agresif. Pukul 18.00, burung dikerodong sampai pagi.

  1. Penanganan Ketika Kondisi Drop

Apabila Kapas Tembak menujukkan kondisi drop seperti stamina menurun, tidak lincah seperti biasa, dan jarang mengeluarkan suara, maka segara beri tindakan. Saat seperti ini, tingkatkan porsi makanan tambahan menjadi 5 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari.

Pemberian telur rang-rang menjadi 5 kali dalam seminggu dengan takaran satu sendok teh. Jangan lupa menambahkan vitamin, agar kembali bergerak lincah. Mandikan 3 kali sehari agar tubuh lebih segar. Untuk waktu penjemuran menjadi 2 sampai 3 jam dalam sehari.

  1. Perawatan Sebelum Lomba

Tujuan dilakukan perawatan sebelum lomba agar stamina tetap terjaga sampai hari-H lomba. Porsi jangkrik dapat dinaikkan menjadi 10 ekor di pagi hari dan 6 ekor di sore hari. Ini dilakukan 3 hari sebelum perlombaan.

Sementara itu, 2 hari sebelum lomba penjemuran hanya 30 menit saja. Berikan 2 ekor jangkrik dan 20 ekor ulat Hongkong 1 jam sebelum perlombaan. Apabila Kapas Tembak lolos kloter berikutnya yang dilakukan di hari yang sama, berikan 1 ekor jangkrik lagi.

Jangan memandikan burung ketika berada di lokasi perlombaan. Hal ini dapat menyebabkan perilaku burung tidak stabil. Berikan waktu Kapas Tembak untuk beradaptasi dengan lingkungan baru agar tidak mendadak menjadi agresif.

  1. Perawatan Setelah Lomba

Perawatan ini dilakukan untuk mengembalikan stamina dan kondisi fisik burung agar tidak drop. Berikan makanan tambahan dengan porsi seperti perawatan harian. Berikan vitamin khusus satu hari setelah perlombaan. Penjemuran hanya dilakukan 30 menit selama 3 hari setelah lomba.

Jenis-jenis Burung Kapas Tembak

  1. Kapas Tembak Jantan

harga burung kapas tembak

Kapas Tembak Jantan dapat menghasilkan suara yang lebih merdu dan bervariasi. Harga burung Kapas Tembak Jantan di pasaran cukup terjangkau. Jenis burung ini paling banyak diperdagangkan di Sumatera.

Kapas Tembak Jantan lebih panjang dan simetris. Bentuk tubuh lebih gagah ketika berdiri tegak. Ketika berdekatan dengan burung sejenis, burung cenderung agresif. Biasanya, menunjukkan tanda membuka ekor tapi tidak selebar betina.

  1. Kapas Tembak Betina

harga burung kapas tembak

Kapas Tembak betina memiliki suara yang lantang dan keras. Meskipun sudah dilatih, suaranya akan cenderung monoton. Ukuran tubuh lebih mini dari jantan dengan postor tubuh agak bulat dan gemuk. Saat berdekatan dengan burung sejenis, ekornya akan menggelepar lebih lebar dari jantan.

Akan tetapi, Kapas Tembak betina justru lebih sering digunakan sebagai master dan diikutkan dalam perlombaan. Hal ini karena Kapas Tembak jantan memiliki kicauan yang bervariasi, tapi cenderung menirukan suara burung lain.

Cara Membedakan Burung Kapas Tembak Jantan & Betina

Harga Burung Kapas Tembak Terbaru Hari Ini

Kapas tembak dibandrol dengan harga bervariasi. Berikut adalah daftar harga selengkapnya berdasarkan patokan harga burung Kapas Tembak Medan 2020.

JenisHarga (Rp)
Kapas Tembak Gacor500.000 – 800.000
Kapas Tembak Bakalan150.000 – 250.000
Kapas Tembak Juara1.000.000 – 1.500.000

Harga burung Kapas Tembak yang dijual di pasar pramuka juga cukup bervariasi. Biasanya, harga yang ditawarkan dilihat dari postur tubuh, jenis kelamin, riwayat kesehatan, keaktifan, dan masih banyak lagi. Di daerah  lainnya, kisaran harga yang ditawarkan mungkin akan berbeda-beda.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar