Harga Burung Kenari

Sampai saat ini, burung Kenari masih menjadi primadona di kalangan pecinta burung kicau. Burung ini tidak hanya disukai dari suaranya, tapi juga menarik dari segi tampilan fisik. Harga burung Kenari bervariasi di pasaran, tergantung jenis dan kicauan yang dihasilkan.

Apabila memelihara kenari dari kecil, membutuhkan perawatan ekstra agar kicauannya terdengar sempurna. Terutama pemeliharaan yang bertujuan untuk diikutkan lomba. Seperti perawatan hewan lainnya, merawat burung Kenari harus sabar dan telaten.

Keunikan dari Burung Kenari

harga burung kenari

  1. Kenari Adalah Petarung

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa sebenarnya burung ini merupakan burung petarung. Sifat ini dapat dilihat pada burung Kenari yang tumbuh liar di hutan. Sebagai burung petarung, Kenari jantan menggunakan suaranya yang lantang untuk menarik lawan atau Kenari Betina.

Ketika mendengar burung lain berkicau, burung Kenari akan berkicau lebih keras. Tujuannya untuk menyaingi suara burung lain. Hal inilah yang menjadi alasan burung Kenari digemari oleh sebagian besar pecinta burung kicau.

  1. Tidak Agresif

Meskipun karakter dasarnya adalah petarung, tapi burung ini tidak agresif. Burung Kenari cenderung mudah dijinakkan. Bahkan burung ini termasuk dalam golongan burung yang paling mudah ditaklukkan manusia.

Selain itu, burung Kenari mudah mengenali pemiliknya. Hal ini ditandai dengan bersuara keras ketika melihat majikannya. Menjinakkan burung Kenari bukanlah hal yang sulit, sehingga banyak peternak yang memilih burung Kenari untuk dibudidayakan.

  1. Tidak Mudah Stress

Sebagian besar orang senang memelihara burung Kenari karena jenis ini tidak mudah mengalami stress. Burung kicauan pada umumnya akan mengalami tekanan ketika berpindah sangkar atau lingkungan baru. Kondisi ini mempengaruhi kicauan ketika berada di arena perlombaan.

  1. Selalu Berkicau di Semua Tempat

Burung Kenari akan tetap berkicau seperti biasanya walaupun berpindah-pindah tempat. Dengan demikian, burung ini memiliki peluang lebih besar untuk menang ketika mengikuti perlombaan.

Pasalnya, burung Kenari mudah beradaptasi terhadap iklim dan lingkungan baru. Kenari berasal dari Eropa dan Amerika, dimana wilayah ini memiliki empat musim. Ketika persebarannya sampai ke Indonesia, burung ini tidak kesulitan beradaptasi dengan iklim baru.

  1. Mudah Dikembangbiakan

Perkembangbiakan sepasang burung ini juga tergolong mudah. Proses perjodohan Kenari jantan dan betina tidak membutuhkan waktu lama. Perlu pendekatan sebentar, sepasang Kenari sudah dapat diletakkan dalam satu sangkar.

Video Suara Burung Kenari Gacor

Jenis-jenis Burung Kenari

Kenari merupakan burung kicau yang paling banyak varietasnya. Berikut ini jenis paling populer yang juga sering ditemui di pasar pramuka.

  1. Kenari Black Red

harga burung kenari

Jenis Kenari ini memiliki bulu yang indah dan suara yang memukau. Awalnya Kenari Black Red anakan berwarna hitam. Seiring bertambahnya usia, warna merah muncul menggantikan bulu lama. Jenis ini berwarna merah semburat hitam ketika sudah dewasa.

Sayangnya, burung ini banyak dipalsukan di pasaran. Oknum penjual curang menyemir bulu burung biasa hingga warna menyerupai burung kenari. Korban  penipuan sering kali pecinta burung pemula yang belum bisa membedakan Black Red asli dan palsu.

  1. Kenari Gloster

harga burung kenari

Kenari ini merupakan jenis import yang memiliki kicauan khas, yaitu berembak dan memiliki cengkokan yang unik. Tidak jarang Kenari Gloster digunakan untuk memasterkan jenis Kenari yang lain. Banyak juga yang sudah berhasil menangkarkan burung kicauan ini.

Kenari Gloster sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu Gloster Consort tanpa jambul dan Gloster Corona dengan jambul. Burung ini memiliki ciri fisik agak bulat dengan bulu merebak. Jika dilihat sekilas bentuknya menyerupai bola.

  1. Kenari Holland

harga burung kenari

Nama burung ini hanya dikenal di Indonesia, mendapat julukan demikian karena berasal dari Holland, Belanda. Kenari ini merupakan hasil silangan dari Roller dan Border. Kicauan yang dihasilkan merupakan variasi dari suara Roller dan Border.

Panjang burung ini sekitar 13 hingga 14 cm dengan warna bulu yang beragam. Warna Kenari Holland yang sering ditemui adalah kuning, kecokelatan, merah wortel, dan merah campuran. Tidak jarang burung ini menang dalam kontes kicauan burung karena gacor yang berkualitas.

  1. Kenari Merah

harga burung kenari

Canary Red Factor juga dikenal dengan kenari merah memiliki ciri bulu berwarna merah wortel. Jenis ini tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga digandrungi di beberapa negara. Sebagian besar orang memelihara kenari karena tertarik dengan warna bulu yang indah.

Burung ini memiliki panjang tubuh mencapai 14 cm. Untuk mempertahankan kecerahan warna bulu dan meningkatkan kualitas kicauan, makan terbaik yang diberikan antara lain buah beri, tomat, labu, dan ubi jalar. Biasanya Kenari Merah di temukan di pasar burung Bandung.

  1. Kenari Panda

harga burung kenari

Kenari ini merupakan gacoran lokal yang dibanderol dengan harga relatif murah. Dilihat dari namanya, burung memiliki corak menyerupai Panda yaitu putih dan abu-abu. Perpaduan warna ini membuat Kenari Panda terlihat tampak elegan.

Supaya kicauan Kenari Panda terlatih dengan baik, makanan terbaik yang diberikan antara lain biji-bijian, sayur-sayuran, dan telur semut. Bila perlu menambahkan vitamin agar lebih aktif dan lincah. Biasanya burung ini membutuhkan pemaster untuk memicu kicauan.

  1. Kenari Putih

harga burung kenari

Kenari dengan warna putih polos tidak kalah elegan dengan kenari lainnya. Jenis ini dikenal memiliki suara paling lantang dari Kenari lainnya. Dari segi ukuran burung ini memiliki panjang mencapai 13 cm.

Untuk dapat berkicau dengan aktif burung ini memerlukan suplemen tambahan. Kenari putih juga tidak dapat hidup dalam sangkar yang terlalu kecil atau terlalu besar. Selain itu, jenis ini membutuhkan penjemuran dan memandikan dengan rutin.

  1. Kenari Strablue

harga burung kenari

Peminat jenis Kenari yang satu ini lumayan banyak. Kenari ini tidak berwarna biru, melainkan abu-abu yang tidak begitu mencolok tapi tetap terlihat cantik. Keberadaan Kenari Starblue cukup diperebutkan di pasaran dan tergolong langka.

Suara kicauan Kenari Starblue terdengar tebal dan sangat nyaring. Dengan pelatihan khusus hasil kicauan akan lebih bervariasi, seperti cengkok yang khas serta berulang-ulang atau variasi suara lainnya. Burung ini sering kali di temui dalam kompetisi burung yang diadakan di Jogja.

  1. Kenari Yorkshire

harga burung kenari

Jenis ini memiliki julukan raja Kenari, hal ini karena suara dan bentuknya nyaris sempurna. Burung yang berasal dari Inggris ini merupakan persilangan alami dari jenis Lancashire, Norwich, dan Belgia. Kenari Yorkshire paling digemari komunitas Kenari Medan.

Kenari jenis ini sering digunakan sebagai indukan untuk menyilangkan dengan kenari lokal. Hal karena bentuk Yorkshire sangat bagus. Keturunan kenari ini disebut dengan Yorkshire F1. Kenari ini juga dikenal sebagai burung yang relatif mahal.

  1. Kenari Lokal Super

harga burung kenari

Jenis ini disebut dengan Kenari Loper, peminatnya cukup tinggi karena suara yang dihasilkan lumayan memukau. Jenis ini juga sering kali tampil dalam kompetisi burung lokal gacor. Burung ini memiliki ciri bulu berwarna kuning dengan panjang mencapai 14 cm.

Meskipun berasal dari lokal, burung ini tidak kalah istimewa dari Kenari lainnya. Harga burung kenari Loper di pasaran juga cukup bervariasi. Harga yang dibanderol tergantung usia, jenis kelamin, dan kualitas gacornya.

Daftar Harga Burung Kenari Terbaru Hari Ini

Harga burung Kenari Lokal tidak selalu lebih murah. Berikut ini kisaran harga burung Kenari terbaru 2020.

Jenis Burung KenariHarga
Kenari BlackredRp. 1.100.000,00 – Rp. 3.000.000,00
Kenari GlosterRp. 755.000,00 – Rp. 1.200.000,00
Kenari HollandRp. 450.000,00 – Rp. 600.000,00
Kenari MerahRp. 300.000,00 – Rp. 1.000.000,00
Kenari PandaRp. 300.000,00 – Rp. 900.000,00
Kenari PutihRp. 400.000,00 – Rp. 1.000.000,00
Kenari StarblueRp. 500.000,00 – Rp.4.500.000,00
Kenari YorkshireRp.2.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00
Kenari LoperRp. 500.000,00 – Rp. 1.500.000,00

Harga burung kenari di atas sewaktu-waktu dapat berubah. Selain itu, juga terdapat perbedaan harga di setiap wilayah. Namun, yang pasti harga burung kenari akan semakin mahal jika memiliki warna dan suara yang memukau dan mengagumkan.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar