Harga Burung Mantenan

Burung Mantenan merupakan burung dari genus Pericrocotus dan Campepaghidae. Burung ini memiliki karakteristik yang unik dan sangat khas. Sehingga harga burung Mantenan terbilang murah sebagai burung hias dan kicau di rumah.

Mantenan banyak disukai kalangan pecinta burung hias. Karena kicauannya yang sangat khas dan nyaring. Burung Mantenan seringkali dijadikan burung untuk kontes kicau. Sehingga banyak orang yang memelihara burung kicau ini di rumah dengan makanan yang mudah.

Makanan burung ini sejenis serangga yaitu laba-laba, kumbang, ulat dan sebagainya. Suara kicauan burung ini dapat membuat burung lain takut dan merasa terancam. Namun tetap harus mendapatkan perawatan yang baik dan optimal agar dapat mengeluarkan suara yang lantang dan merdu.

Deskripsi Burung Mantenan

Harga Burung Mantenan

Ada 13 jenis burung Mantenan yang terkenal dan populer di masyarakat. Dengan habitatnya yang tersebar di Kalimantan dan Sumatera. Sehingga populasi burung ini masih cukup terjaga dan tinggi.

Setiap burung Mantena memiliki karakter yang berbeda. Termasuk warna bulu pada tubuh hingga leher dan ekornya. Warna bulu burung Mantenan sangat eksotik dan menjadi daya tarik dari burung tersebut. Sehingga Mantenan sering dijadikan burung hias di rumah.

Mantenan mempunyai warna bulu yang menarik dan bervariasi, yaitu warna hitam, biru, dan merah. Ditambah dengan kicauan burung ini yang merdu yang tidak membosankan. Sehingga dapat menjadi hiburan untuk menghilangkan penat saat mendengarkanya.

Dengan keunggulan yang dimiliku burung ini, harga burung Mantenan juga sangat ekonomis. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu saja. Burung ini sangat tepat untuk teman bermain di rumah atau teman untuk adu kebolehan dengan burung kicau lainnya.

Masih ada lagi kelebihan burung cantik ini, Mantenan mudaj dipelihara dan dibudidayakan. Makanannya mudah ditemukan dan cukup murah. Serta tidak perlu treatment khusus untuk melatih dan merawat burung kicau ini. Burung Mantenan sangat tangguh dan kuat.

Makanan burung Mantenan murah dan mudah didapatkan. Untuk memenuhi asupan gizi burung tersebut pada makananya bisa ditambahkan dengan voer. Sehingga pertumbuhan burung tersebut lebih cepat termasuk perkembangan kicauannya.

Video Suara Burung Mantenan Gacor

Keunikan Burung Mantenan

Harga Burung Mantenan

Burung Mantenan termasuk jenis burung yang mempunyai karakter unik. Burung ini hidup di sekitar hutan dan lingkungan yang ketinggiannya sekitar 200 mdpl. Termasuk kawasan gunung menjad habitat asli burung tersebut.

Berdasarkan habitatnya burung Mantenan ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Mantenan Gunung, Mantenan Hutan, Mantenan Tulin dan Mantenan Kecil. Tubuh burung ini sangat mungil dan hidupnya berkoloni dalam satu kelompok yang terdiri dari beberapa burung.

Mantenan juga hidup di alam liar sehingga dapat bertahan dari para pemangsa. Keunikan lain burung Mantenan akan kawin pada bulan Mei sampai Juni. Burung Mantenan juga mudah dipelihara walaupun hidup di alam liar. Harga burung Mantenan sangat ekonomis dengan perawatanya.

Burung Mantenan tidak suka makanan manis seperti buah-buahan. Oleh karena itu, lebih baik memelihara burung Mantenan yang masih anakan agar mudah dilatih. Burung tersebut akan tumbuh sehat seiring berjalannya waktu dan menjadi burung yang dapat diandalkan.

Jenis-Jenis Burung Mantenan

Harga Burung Mantenan

Ada sekitar 13 jenis burung Mantenan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesa. Beberapa jenis Mantenan yang terkenal dalam masyarakat adalah:

1. Mantenan Dagu Kelabu

Harga Burung Mantenan

Jenis burung Mantenan ini banyak disukai para penikmat jenis burung. Mantenan Dagu Kelabu mempunyai badan berukuran 17 cm dengan warna bulunya kuning dan merah.

Dagu Kelabu banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan dan wilayah Asia Tenggara. Burung ini mempunyai karakteristik unik untuk membedakan jantan dam betina.

Pada Mantenan Dagu Kelabu jantan bagian tenggorokanny berwarna merah da untuk betina berwarna kuning. Burung ini mampu berkicau dengan suara merdu dan lembut namun sedikit parau.

2. Mantenan Hutan

Harga Burung Mantenan

Mantenan Hutan atau Scarlet Minivet mempunyai tubuh yang lebih besar sekitar 19 cm. Burung ini dikenal juga dengan Burung Mas Belukar yang mempunyai keunikan lada warna bulunya.

Mantenan Hutan juga mempunyai kicauan yang lembut dan lantang. Pada burung jantan bulunya berwarna hitam, biru dan merah. Dan betina berwarna kuning dan abu-abu.

3. Mantenan Gunung

Harga Burung Mantenan

Jenis burung ini berukuran 19 cm dsn hidup di Bukit Barisan dan Dempu Sumatera. Mantenan Gunung adalah burung edemik pulau Sumatera namun bisa ditemukan di Pulau Jawa.

Mantenan Gunung dapat dilihat pada ketinggian 1.200 sampai 2.400 meter. Hidupnya berkoloni terdiri dari 30 burung. Mantenan ini juga sering berada di hutan primer atau pinus tepatnya di puncak pohon.

Daftar Harga Burung Mantenan Hari Ini

Harga Burung Mantenan

Harga burung Mantenan sangat bervariasi dan tergantung dari kemampuan kicauannya. Semakin hebat kicauan burung tersebut semakin mahal harga yang ditawarkan. Biasanya Mantenan yang sudah gacor lebih mahal dibandingkan yang masih anakan.

Namun, agar Mantenan bisa terbiasa dengan pemiliknya lebih baik memilih yang masih anakan. Karena mudah dilatih dan dipelihara untuk menjadi burung yang hebat. Untuk merawat burung tersebut tidak membutuhkan perawatan atau makanan khusus.

Sebelum memutuskan membeli burung Mantenan ini, pastikan terlebih dahulu budget yang dikeluarkan. Harga burung ini tetap ekonomis dan tidak akan menghabiskan kantong Anda.

Daftar harga burung Mantenan terbaru sebagai berikut.

Jenis Burung MantenanHarga di Pasaran
Burung Mantenan GacorRp. 250.000 s/d Rp. 300.000
Burung Mantenan NgriwikRp. 150.000 s/d Rp.200.000
Burung Mantenan BakalanRp. 70.000 s/d Rp. 300.000

Harga tersebut masih bisa berubah sesuai kondisi permintaan di pasar. Semakin cantik, hebat dan gacor, burung Mantenan semakin mahal. Bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, untuk lebih menghemat budget, Anda bisa membeli Mantenan anakan.

Dari Mantenan anakan tersebut dipelihara dan dilatih dengan baik untuk menjadi Mantenan gacor yang hebat. Setelah burung tersebut sudah hebat dengan kicauan yang merdu dan lantang, harga jual burung tersebut semakin tinggi

Cara Memberi Makan Burung Mantenan

Harga Burung Mantenan

Jika Anda ingin merawat burung Mantenan ini tidak perlu perlakuan khusus untuk melatihnya menjadi burung kicau terbaik. Makanan yang diberikan adalah serangga kecil dan tambahan voer untuk asupan gizi pada burung.

Makanan adala hal utama yang harus diperhatikan dalam memelihara burung. Berikan makanan yang seimbang agar burung dapat tumbuh dengan cepat dan sehat serta dapat berkicau dengan baik. Makanan serangga dapat dijadikan pakan sehari-hari.

Serangga mengandung protein tinggi sehingga dapat menambah stamina bagi burung. Salah satu jenis serangga yang disukai Mantenan adalah kroto dan ukat hongkong. Sebagai asupan gizi tambahan berikan voer sedikit saja untuk pakan Mantenan.

Cara memberi makan burung ini dengan 1 sendok kroto setiap hari. Ditambah dengan 3 ekor ulat hongkong dan tambahkan voer sebagai multivitamin untuk burung tersebut. Perhatikan tampat tinggal atau kandang burung tersebut.

Bersihkan secara rutin agar tetap nyaman dan sehat. Burung akan tetap segar dan sehat serta bisa menjadi burung kicau yang hebat. Asupan makanan yang baik dan lengkap akan meningkatkan petumbuhan burung Mantenan menjadi burung yang juara.

Burung Mantenan merupakan burung kicau yang mempunyai beragam jenis dan karakter. Bahkan harga burung Mantenan tersebut sangat bervariasi. Mantenan menjadi burung yang masih populer dan diincar kalangan pecinta burung di Indonesia.

Makanan Burung Mantenan

makanan burung mantenan

Untuk makanan utama untuk burung mantenan dapat Anda berikan kepada semua jenis burung mantenan tersebut dari mulai mantenan hutan, mantenan gunung dan juga burung mantenan lainnya nah, berikut inilah sudah kami rangkumkan jenis makanan burung mantenan.

1. Kroto Segar

Untuk makanan burung mantenan yang pertama yaitu kroto segar atau bisa disebut juga dengan telur semut merah besar, kroto memang sudah terkenal sekali di kalangan kicau mania dan sudah menjadi makanan pokok burung kicau. Bukan hanya untuk burung mantenan saja.

Anda bisa memberikan burung mantenan ini dengan kroto segar setiap hari maksimal 1 sendok teh saja, kroto ini bisa berguna untuk membantu burung mantenan yang sedang tumbuh bisa juga untuk membantu burung saat terjadi proses mabung.

2. Ulat Hongkong

Makanan burung mantenan yang kedua yaitu ulat hongkong ulat hongkong memang sangat disukai sekali oleh burung mantenan bukan hanya burung ini saja bahkan semua burung kicau juga menyukainya, mengingat di habitat aslinya burung mantenan  ini sering memakan makanan tersebut.

Ulat hongkong dapat Anda berikan kepada burung mantenan maksimal dengan 5 kali dalam satu minggu. untuk mendapatkan ulat hongkong juga sangat mudah Anda bisa dapatkan membeli nya di toko pakan burung terdekat.

3. Vitamin Burung

Walaupun burung mantenan sudah diberikan makanan pokok namun lebih baiknya juga harus di beri vitamin burung juga, vitamin burung ini sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh burung mantenan.

Pemberian vitamin pada burung untuk mantenan bisa Anda berikan setiap satu minggu sekali karena vitamin burung ini termasuk ke dalam makanan tambahan saja bagi burung jadi Anda harus menjadwalnya bisa setiap minggu sekali atau dua minggu sekali.

Anda dapat membeli vitamin burung mantenan ini di toko terdekat harga nya juga cukup tidak terlalu mahal, bahkan bisa dibilang murah.

4. Buah Segar

Makanan burung mantenan yang ke empat yaitu buah buahan. Burung mantenan pada umumnya memang menyukai buah buahan segar apalagi di habitat aslinya burung mantenan ini hanya memakan buah buahan saja dihutan ataupun di kebun.

Buah buahan segar ini sebaiknya Anda berikan setiap hari pada burung mantenan karena buah buahan sangat penting sekali untuk menjaga pertumbuhan pada burung tersebut juga dapat memberikan nustrisi yang dimana tidak ada pada makanan pokok lainnya.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai harga burung mantenan beserta jenis, makanan, cara memelihara. Semoga bermanfaat

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar