Harga Burung Mozambik

Burung mozambik merupakan salah satu burung bersuara merdu yang paling digilai pecinta burung kicau. Sejauh ini, harga burung Mozambik di pasaran bersaing dengan ketat. Peminat semakin bertambah, sedangkan keberadaannya mulai langka jika dibandingkan dengan awal ketenarannya.

Burung ini bukanlah jenis lokal, melainkan impor dari kawasan Afrika. Sebenarnya, burung Mozambik sempat populer zaman dahulu. Pernah bersaing dengan burung Hwamei dan Samyong, namun tenggelam. Hingga kini kembali dicari oleh sebagian besar pecinta burung kicau.

Mengenal Karakteristik Burung Mozambik

Harga Burung Mozambik

Burung Mozambik memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan berbagai jenis burung lainnya. Dengan berbagai karakter yang dimiliki, Burung Mozambik menjadi cukup mudah untuk dikenali. Nah, berikut adalah beberapa karakteristik burung Mozambik:

  1. Golongan Singing Finch

Burung Mozambik termasuk dalam golongan singing finch, yaitu burung penyanyi bersuara merdu. Burung ini juga disebut sebagai Kenari Afrika.

Mungkin masih banyak yang tidak menyangka jika Mozambik masih satu rumpun dengan Kenari. Kenari sendiri juga berasal dari kawasan Afrika.

  1. Berasal dari Dataran Gersang

Habitat asli Mozambik adalah dataran gersang dan tandus. Burung ini sangat terbiasa dengan cuaca panas. Mozambik juga termasuk dalam burung yang hidup berkelompok dalam jumlah banyak.

Masih banyak yang belum bisa membedakan Mozambik dengan Blackthroat, Brimstibe, dan White Bellied.

  1. Tubuh Berwarna Cokelat muda

Untuk membedakan Mozambik dengan burung lainnya, amati ciri-ciri fisiknya. Burung ini memiliki paruh berwarna cokelat muda. Bagian punggung Mozambik terdapat garis-garis hijau gelap. Di sekitar cuping telinga ditandai dengan warna kuning kehijauan.

Pada kedua sayapnya ditemukan dua garis kuning. Sedangkan tubuh bagian peruh hingga dada berwarna kuning kehijauan. Terdapat garis kuning cerah pada bagian wajahnya. Burung jantan dan betina memiliki corak dan warna yang sama, namun Mozambik betina terlihat lebih kusam.

  1. Kicauan yang Merdu dan Lantang

Dilihat dari kicauannya, setiap burung memang memiliki warna suara hampir sama. Suara Mozambik cenderung ngerol, terdengar merdu, dan lantang. Biasanya, suaranya ini yang menjadi patokan harga di pasaran. Burung Mozambik yang bersuara lebih merdu jauh lebih mahal.

  1. Perkembangbiakan Mozambik yang Unik

Burung yang memiliki panjang tubuh mencapai 11 hingga 13 cm ini, tidak hanya dipelihara untuk kompetisi burung. Banyak pula yang berminat mengembangbiakkan Mozambik. Baik diternakkan dalam lingkungan khusus maupun alam terbuka.

Apabila berminat untuk mengembangbiakkan burung ini, ketahui bahwa mozambik betina mampu membuahkan 3 hingga 5 butir dalam sekali menetas. Proses perjodohan burung ini juga relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya.

Burung pada umumnya melewati masa pra perjodohan, yaitu mendekatkan sangkat burung jantan dan betina. Akan tetapi, burung Mozambik tidak perlu melewati masa tersebut.

Langsung masukkan dua burung berbeda jenis dalam satu sangkar. Tunggu beberapa hari sampai muncul tanda berjodoh.

Adanya peminat budidaya ini secara tidak langsung membantu pelestarian burung Mozambik yang hampir punah. Banyak pula yang mencoba bereksperimen perkawinan silang antara Mozambik dengan burung kicau lainnya.

  1. Berperan Sebagai Guru Vokal

Burung Mozambik kerap dijadikan sebagai pemaster atau guru vokal untuk burung kicau yang lain. Suara yang dikeluarkan oleh burung ini dapat memicu burung lain untuk berkicau. Selain itu, juga bisa dipelihara agar rumah tidak terasa sepi. Mozambik dewasa lebih aktif berkicau setiap harinya.

  1. Pemakan Biji dan Buah-Buahan

Pemberian makan burung Mozambik tidak sulit, tidak berbeda dari burung lainnya. Burung ini juga memakan biji-bijian dan buah-buahan. Pakan tambahan seperti keroto, telur puyuh, ulat Hongkong, dan lainnya juga disukai oleh burung Mozambik.

Video Suara Burung Mozambik Gacor

Jenis-Jenis Burung Mozambik

Jenis-Jenis Burung Mozambik

Jenis burung mozambik dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan juga kemampuannya dalam mengeluarkan suara. Berikut ini adalah beberapa jenis pengelompokan burung mozambik:

  1. Burung Mozambik Jantan dan Betina

Harga Burung Mozambik

Cara paling mudah membedakan Mozambik jantan dan betina adalah melihat pola yang terdapat pada leher. Mozambik betina dewasa memiliki tanda hitam melingkar menyerupai kalung di bagian lehernya. Sedangkan Mozambik jantan dewasa tidak memiliki tanda ini.

Warna bulu Mozambik betina lebuh kusam dari Mozambik jantan. Untuk perbedaan warna ini sudah bisa dilihat sejak usia burung masih muda.

Banyak yang beranggapan bahwa burung jantan memiliki bulu yang lebih bagus dan cerah untuk menarik lawan jenisnya. Sedangkan menurut penelitian ilmiah, perbedaan warna dipengaruhi oleh produksi hormon testoteron pada burung.

Burung Mozambik juga dapat dibedakan dari suara kicauannya. Mozambik jantan dan betina memang memiliki suara yang merdu. Namun, kicauan Mozambik jantan lebih banyak dan bervariasi. Sedangkan, Mozambik betina memiliki kicauan yang cenderung monoton.

Mozambik muda jantan dan betina memiliki warna suara dan irama kicauan yang sama. Dalam beberapa kasus, Mozambik muda betina lebih aktif berkicau dibandingkan dengan Mozambik jantan. Hal ini juga yang mempengaruhi harga burung Mozambik jantan lebih mahal.

  1. Burung Mozambik Anakan

Harga Burung Mozambik

Sesuai dengan namanya, burung mozambik anakan adalah anak burung mozambik yang siap untuk dipelihara. Burung mozambik anakan ini cocok dipelihara sambil dilatih agar bisa menjadi mozambik yang gacor dan bersuara merdu.

Burung mozambik anakan akan dikategorikan berumur dewasa ketika usianya menginjak di atas 6 bulan. Di usia ini, perbedaan kelamin sudah dapat diketahui. Hal ini karena jenis kelamin burung mozambik belum bisa diketahui saat usianya masih muda.

  1. Burung Mozambik Gacor

Harga Burung Mozambik

Jenis burung mozambik yang satu ini memiliki suara yang sangat lantang dan merdu. Burung mozambik yang gacor juga akan rajin berkicau. Tentu saja, harga burung mozambik jenis ini menjadi yang paling mahal karena kemampuannya dalam mengeluarkan suara kicau yang merdu.

Namun, tidak semua burung mozambik bisa gacor. Agar burung mozambik bisa semakin gacor, maka ada perlakuan khusus yang harus diterapkan.

Inilah alasan kenapa burung mozambik yang gacor harganya akan lebih mahal. Jarang ada burung mozambik dengan juara yang mantap dan gacor.

Daftar Harga Burung Mozambik Terbaru Hari Ini

JenisHarga (Rp)
Mozambik bahan300.000
Mozambik anakan350.000
Mozambik betina300.000
Mozambik jantan600.000
Mozambik gacor1.200.000 – 12.000.000

Harga Mozambik terbaru tahun 2020 memang sangat bervariasi. Harga pasaran burung Mozambik bahan atau burung yang belum bisa berkicau dengan baik sekitar Rp350.000,00. Sedangkan burung anakan juga dibanderol sekitar Rp350.000,00.

Burung Mozambik betina dibanderol dengan harga Rp300.000,00. Sedangkan harga burung Mozambik jantan sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp600.000,00. Sementara itu, harga burung Mozambik gacor untuk lomba jauh lebih mahal, yaitu dari Rp1.200.000,00 hingga Rp12.000.000,00.

Meskipun harga burung Mozambik relatif mahal dari burung lainnya, namun burung Mozambik tidak pernah kehilangan penggemarnya. Bahkan, burung ini menjadi salah satu jenis burung yang paling populer dan dicintai para penggemar burung di Indonesia.

Burung Mozambik memang  layak menjadi favorit karena memiliki ciri fisik yang unik serta suara yang lantang dan merdu. Jadi, tidak heran jika penggemar mozambik sangat banyak di dunia, meski ada banyak jenis burung kicau lainnya.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar