Harga Burung Pelatuk

Seperti namanya burung Pelatuk merupakan sejenis burung yang suka mematukan paruhnya ke pohon. Pohon tersebut digunakan sebagai tempat tinggal karena aktivitasny yang unik, harga burung Pelatuk masih sekitar ratusan ribu rupiah.

Burung Pelatuk juga sering mematuki tanah, batang dan rantai pohon. Keunikannya tersebut membuat burung ini bisa bertahan hidup di alam. Karena dengan paruhnya sangat bermanfaat dan menunjang kehidupan burung tersebut.

Biasanya burung Pelatuk akan mencari serangga kecil atau ulat pada pepohonan. Selain paruhnya yang unik, burung ini juga bisa dijadikan burung untuk perlombaan serta burung peliharaan di rumah. Sehingga banyak orang yang masih mencari burung unik ini.

Ciri-Ciri Burung Pelatuk

harga burung pelatuk

Burung Pelatuk termasuk burung yang mampunyai jenis yang bervariasi. Bulu burung kini mempunyai warna yang beragam dan kombinasi antara warna kuning, hitam, putih dan merah. Sehingga membuat burung ini terlihat sangat cantik dan menarik.

Ciri utama burung Pelatuk terletak pada paruhnya yang tebal dan lancip serta kuat untuk mematuk pohon. Burung ini juga mampunyai kemampuan untuk melubangi pohon hingga kayu tebal yang digunakan untuk tempat tinggalnya.

Burung Pelatuk mempunyai kicauan yang indah dan merdu. Ada beberapa jenis burung ini yang paling banyal disukai oleh masyarakat Indonesia. Karena mempunyai sifat yang unik dan cerdas, harga burung Pelatuk ini cukup mahal di pasaran.

Video Suara Burung Pelatuk Gacor

Keunikan Burung Pelatuk

harga burung pelatuk

Setiap jeni burung mempunyai ciri fisik yang berbeda dan menjadi keunikan dari burung tersebut. Termasuk burung Pelatuk yang ternyata mampu berkicau dengan suara yang indah dan lucu. Burung ini mempunyai keahlian yang luar biasa pada suaranya.

Anda pasti tahu serial kartun Woody Woodpecker yang mempunyai suara yang unik. Sama halnya dengan burung Pelatuk ini yang mempunyai suata kicau yang sangat khas da menarik. Pelatuk mempunyai pita suara yang unik sehingga dapat mngeluarkan suara khas.

Burung Pelatuk biasanya akan bersuara “boooo aboooo”. Sehingga dapat mengundang tawa orang yang mendengarnya. Burung Pelatuk juga dapat menirukan berbagai suara burung lain. Karena burung ini cerdas dan gacor dengan kicauan yang bervariasi.

Burung ini bisa dipelihara sebagai burung hias dan peliharaan. Jika dipelihara dengan baik burung ini akan tumbuh sehat dan cerdas dengan kicauan yang sangat khas. Karakter asli burung ini dapat dihilangkan dengan pelatihan khusus.

Caranya dengan merekam suara burung lain dan memutarnya di dekat burung Pelatuk tersebut. Sehingga burung dapat menirukan suara kicauan burung yang didengarkanya. Cara ini dapat meningkatkan kemampuan kicau burung dan membuat harga burung Pelatuk Ulam semakin tinggi.

Penyebaran Burung Pelatuk

harga burung pelatuk

Indonesia memang mempunyai berbagai jenis burung yang tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari burung dengan ukuran kecil hingga burung yang tubuhnya besar. Karena banyaknya hutan dan alam liar yang menjadi habitatnya.

Namun ditengah maraknya pemburuan liat membuat populasi burung di Indonesia berkurang. Termasuk burung Pelatuk ini yang populasinya sudah mulai terancam. Burung Pelatuk hidup di hutan liar pada pohon untuk melangsungkan kehidupanya.

Jika pohon banyak yang ditebang kehidupan burung Pelatuk juga terancam. Karena habitatnya dirusak oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, harga burung Pelatuk menjadi mahal karena populasinya yang mulai berkurang.

Burung pelatuk berasal dari keluarga Picidae yang merupakan salah satu hewan yang langka. Burung ini hidup di wilayah yang masih mempunyai hutan liat yang lebat. Terutama hutan yang masih mempunyai pohon besar dan tumbuhan yang lebat.

Burung Pelatuk bisa ditemukan di sekitar Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera dan Papua. Karena memang disana banyak hutan yang masih asli dan belum dijamah oleh manusia. Pada Pulau Jawa burung Pelatuk sulit ditemukan.

Di habitat aslinya, burung Pelatuk memakan serangga seperti jangkrik dan ulat. Jika untuk burung peliharaan makanan Pelatuk bisa ditambahmkan dengan voer dan kroto sebagai asupan vitamin dan gizi untuk pertumbuhan burung tersebut

Jenis Burung Pelatuk

Burung Pelatuk atau yang dikenal dengan Caladi ini mempunyai beberapa jenis. Namun hanya beberapa saja yang terkenal dan diminati oleh masyarakat, yaitu:

1. Pelatuk Sampit Ulam

harga burung pelatuk

Sampit Ulam atau Dendrocopos Macei yang merupakan jenis Pelatuk dengan tubuh yang mungil. Namun, burung ini mampu berkicau dengan tajam dan lantang seperti burung Cililin. Karena kicauanya yang nyaring, harga burung Pelatuk Sampit bisa lebih tinggi.

2. Pelatuk Tungir Emas

harga burung pelatuk

Jenis burung ini mempunyai pangkal ekor yang berwarna seperti emas. Bagian punggungnya juga berwarna kuning dan merah. Tungir Emas mempunyai ukuran tubuh cukup besar sekitar 34 cm.

3. Pelatuk Tikotok

Jenis burung ini dikenal dengan sebutan Caladi Tikotok yang berarto Tai Ayam. Karena pada bagian punggunya seperti tai ayam dengan warna hitam putih. Ukuranya cukup kecil sekitar 14 cm dengan suara mirip lovebird.

4. Pelatuk Bawang

harga burung pelatuk

Pelatuk Bawang mempunyai tubuh yang cukup besar sekitar 30 cm. Pada bulu di perutnya terdapat corak hitam putih denga warna emas di bagian punggung sayapnya. Harga burung Pelatuk Bawang masih sekitar ratusan ribu dengan umur yangs audah dewasa.

Daftar Harga Burung Pelatuk Terbaru Hari Ini

harga burung pelatuk

Jika Anda ingin membeli burung Pelatuk ini, pastikan dulu burung dalam keadaan sehat. Karena jika burung sedang sakit tidak bisa dilatih atau bahkan bisa mati. Harga burung Pelatuk disesuaikan dengan jenis dan kemampuanya saat berkicau.

Burung Pelatuk yang sehat akan tumbuh dengan cepat dengan kemampuan yang luar biasa. Sehingga Anda harus bisa memilih burung terbaik dengan memerhatikan tampilan burung dan keaktifanya saat membeli burung tersebut

Daftar harga burung Pelatuk yang banyak dicri dipasaram yaitu.

Jenis Burung PelatukHarga
Pelatuk Ulam DewasaRp. 300.000 s/d Rp. 500.000
Pelatuk Merah DewasaRp. 400.000 s/d Rp. 600.000
Pelatuk Bawang DewasaRp. 600.000 s/d Rp. 800.000

Masih ada banyak jenis burung Pelatuk yang tersebar di hutan liar Indonesia. Namun, ketiga jenis burung tersebut yang paling banyak dicari dan diminati oleh para pecinta burung Indonesia. Karena ciri khas dan keunikan kicauanya yang dimiliki burung tersebut.

Cara Memilih Burung Pelatuk

Cara Memilih Burung Pelatuk

Cara memilih burung yang sehat bisa dilihat dari gestur tubuhnya. Anda harus memperhatikan fisik burung tersebut serta kemampuanya untuk berkicau. Setiap jenis burung mempunyai kicauan yang bervariasi dengan tampilan bulu yang sangat indah.

Pastikan tubuh burung tidak ada yang cacat sedikitpun. Burung Pelatuk yang sehat juga mempunyai nafsu makan yanh baik dan bergerak dengan aktif. Jika burung terlihat lesu dan kotor bisa jadi burung tersebut sedang sakit.

Jika Anda terlanjur membeli burung yang sedang sakit, Anda bisa kembalikan burung tersebut ke pemiliknya. Namun, jika Anda bisa merawat burung tersebut hingga sembuh, Anda bisa melakukanya di rumah. Dengan memberinya asupan vitamin  yang cukup agar bisa sehat kembali.

Untuk merawat burung Pelatuk yang sedang sakit membutuhkan perawatan khusus. Langka yang harus dilakukan adalah dengan memberinya obat khusus serta suplemen vitamin burung.

Perhatikan juga kondisi kandang burung Pelatuk. Kandang harus dalam keadaan bersih dan sehat. Dengan perawatan tersebut dapat memulihkan kesehatan burung dan bisa aktif kembali. Burung Pelatuk akan sehat dan dapat beraktivitas seperti semula.

Burung Pelatuk termasuk jenis burung cerdas dengan kemampuan yang mengesankan. Tampilan burung ini juga sangat menarik dengan keunikan paruhnya yang lancip dan kuat. Sehingga harga burung Pelatuk tersebut sangat bervariasi.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar