Harga Burung Samyong

Burung Sampyong merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kicauan unik dan nyaring. Burung ini dapat dijadikan burung hias namun populasinya masih terbatas. Sehingga harga burung Samyong terbilang mahal dan hanya ada di daerah Flores, Nusa Tenggara.

Burung Samyong merupakan hewan endemik di daerah Flores sehingga tidak bisa ditemukan dengan mudah. Jika ingin mendapatkan burung ini harus datang langsung ke daerah tersebut. Namun, Samyong tetap bisa didapatkan tanpa ke Flores dengan harga yang mahal.

Berbagai jenis burung Samyong tersebut bisa didapatkan di pasar burung dengan harga yang bervariasi. Jika ingin melatih burung tersebut sesuai keinginan pemiliknya, pilihlh Samyong yang masih bakal atau anakan. Karen lebih mudah dilatih sesuai keinginan Anda.

Ciri-Ciri Burung Samyong

harga burung samyong

Samyong memiliki ciri khas yang dapat menjadi pembeda antara Samyong jantan dan betina. Dimulai dari ciri fisiknya, Samyong jantan mempunyai warna hitam pada bulu kepalanya.

Sedangkan untuk burung Samyong betina warna bulu hijau kekuningan hingga bagian ekornya. Dan untuk warna ekor Samyong jantan berwarna gelap atau hitam pekat. Sehingga mudah dibedakan hanya dengan melihat warna bulunya.

Burung Samyong jantan juga tidak mempunyai bulu pada bagian tenggorokannya. Namun, warna bulu di tenggorokan Samyong jantan akan berubah menjadi merah maron jika sudah memasuki masa kawin atau saat birahi jantan sedang naik.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, burung Samyong jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih panjang yaitu 18 cm hingga 20 cm. Sedangkan Samyong betina terlihat lebih mungil dan kecil dari ukuran tubuh jantan. Serta lebih pendek dari dengan kepala yang bulat.

Burung Samyong betina mempunyai warna bulu abu-abu pada tenggorokannya. Ciri fisik tersebut dapat membedakan jenis kelamin Burung Samyong yang sudah dewasa. Jika Samyong masih anakan sulit untuk membedakan jika dilihat dari ciri fisiknya.

Samyong anakan bisa dibedakan dari warna bulunya. Jika warna bulu Samyong kecoklatan atau kemerahan maka burung tersebut Samyong jantan. Karena burung ini tidak hidup secara bebas dan hanya ditemukan di Flores maka harga burung Sampyong terbilang mahal.

Ciri khas burung Samyong bisa dilihat dari bagian atas kepala yang berjambul saat berkicau. Bagian paruh burung terdapat garis putih ditengahnya dan berwarna hitam pada paruhnya. Bagian ekor Samyong jantan berukuran ⅓ dari panjang tubuhnya.

Untuk Samyong betina mempunyai paruh yang pendek dan bulat. Kepalanya berwarna abu-abu sehingga terlihat sangat unik dibandingkan burung jenis betina lainnya. Burung Samyong juga dibedakan berdasarkan warna bulunya untuk Samyonh NTB dan NTT.

Video Suara Burung Samyong Gacor

Keunikan Burung Samyong

harga burung samyong

Selain ciri khas yang dimiliki burung Samyong, burung ini juga memiliki keunikan. Burung Samyong menyukai makanan jenis serangga termasuk jangkrik, belalang dan kroto. Burung ini tidak suka diberi makan voer yang biasa menjadi makanan tambahan untuk burung.

Hal menarik lain dari burung Samyong adalah suara kicauannya. Burung ini mampu berkicau dengan berbagai jenis kicauan. Ada 1001 suara kicauan yang dapat dikeluarkan oleh burung kecil ini. Bahkan burung Samyong juga dapat meniru suara kicauan gacor.

Dengan keunikan suara kicauan dari burung ini tidak heran jika harga burung Samyong mini cukup mahal, meski masih kecil. Tidak hanya sulit didapatkan, namun burung ini juga memiliki kualitas yang baik sebagai burung hias dan kicauan. Sehingga tetap banyak dicari oleh pecinta burung.

Burung Samyong juga membutuhkan pelatihan kicauan yang mengasah kemampuan suaranya. Karena Samyong bisa meniru suara yang didengarkannya dan akan menjadi terbiasa. Jika tidak dilatih, suara Samyong akan monoton dan tidak bervariasi.

Jenis-Jenis Burung Samyong

harga burung samyong

Burung Samyong termasuk dalam Pachycephalidae yang merupakan keluarga burung dengan mental kuat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Tempat tinggal burung ini di dataran rendah atau di padang rumput dan hutan kering.

Burung ini dibedakan sesuai dengan kemampuan dan bentuk tubuhnya, yaitu sebagai berikut.

1. Burung Samyong Gacor

Burung Samyong Gacor

Samyong gacor merupakan jenis Samyong yang memiliki kemampuan kicauan yang baik dan jenius. Burung ini mampu menirukan berbagai kicauan burung lain. Sehingga harganya sangat mahal dibandingkan jenis lainnya.

Burung ini mempunyai warna bulu yang cantik antara hitam dan hijau. Terdapat juga guratan warna merah pada lehernya. Sehingga membuat Samyong Gacor banyak dicari oleh pecinta burung di Indonesia.

2. Burung Samyong Bakal

harga burung samyong

Untuk Samyong bakal masih membutuhkan pelatihan khusus jika ingin mempunyai kemampuan kicauan yang baik. Burung ini harus sering dilatih dan diberikan asupan makanan yang baik untuk pertumbuhannya.

Samyong bakal mempunyai harga yang lebih rendah dibandingka  Samyong gacor. Burung ini tetap bisa berkicau namun belum bervarisi. Karen masih terlalu muda atau masih bakal.

3. Burung Samyong Juara

Burung Samyong Juara

Jenis Samyong yang satu ini pasti diminati banyak orang terutama pecinta burung. Karena sudah memiliki title juara khususnya untuk kicauannya. Samyong juara lebih mudah dilatih dan bahkan tidak perlu dilatih dari nol.

Burung ini sudah berpengalaman dalam mengikuti ajang kompetisi kicauan burung. Tidak heran jika harga burung Samyong juara ini paling mahal diantara jenis lainnya. Karena sudah jenius dan dilatih dengan sempurna.

4. Burung Samyong Mini

harga burung samyong

Masih ada jenis Samyong lain yang harganya lebih murah dan terjangkau. Namun, burung ini mempunyai ukuran tubuh yang mini atau mungil. Burung Samyong mini sangat cocok sebagai burung hias.

Bentuk tubuhnya yang mini membuat Samyong ini memiliki harga yang terjangkau. Walaupun kecil, Samyong ini juga memiliki suara yang nyaring dan lantang. Jika dilatih dengan baik kicauan sangat membanggakan.

Jika ingin burung Samyong yang hebat dan berpengalaman, Anda bisa memilih jenis Samyong juara. Karena burung tersebut sudah terbiasa dengan situasi latihan maupun kompetisi. Bahkan mungkin Samyong juara tersebut sudah pernah menang.

Walaupun demikian, burung Samyong memang tidak terlalu terkenal daripada burung kicauan lainnya. Namun, kemampuan kicauanya patut diperhitungkan dengan burung Kenari, Murai Batu dan sejenisnya.

Kemampuan kicauan burung Samyong hanya untul jantan saja. Samyong betina tidak memiliki kemampuan tersebut karena struktur biologisnya. Oleh karen itu, jika ingin mendapatkan Samyong yang hebat dalam berkicau pilihlah burung Samyong jantan.

Dalam melatih burung Samyong harus dilakukan dengan sabar dan telaten. Karena burung tersebut membutuhkn waktu untuk beradaptasi dan mengasah kemampuan kicaunya. Selain itu sangat penting untuk mengetahui harga burung Samyong yang dijual di pasaran.

Daftar Harga Burung Samyong Terbaru Hari Ini

harga burung samyong

Jika Anda tertarik untuk mempunyai burung yang satu ini, Anda bisa mengeceknya di pasar burung. Karena Samyong cukup sulit untuk didapatkan terlebih karena populasinya yang terbatas. Sehingga sulit untuk ditemukan di daerah lain.

Harga burung Samyong terbaru adalah sebagai berikut.

Jenis Burung SamyongHarga di Pasaran
Burung Samyong AnakanRp. 750.000 s/d Rp. 900.000
Burung Samyong KecilRp. 750.000
Burung Samyong JuaraRp. 2.500.000 s/d Rp. 3.000.000
Burung Samyong GacorRp. 1.000.000 s/d Rp. 1.500.000

Dari harga tersebut, Samyong jantan mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan Samyong betina. Karena Samyong jantan mempunyai kemampuan untuk berkicau dengan suara yang variatif. Dan Samyong betina tidak mempunyai kemampuan tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan burung yang dibawah 1 juta, Anda bisa memilih burung yang masih bakal. Namun, burung tersebut perlu dilatih dengan baik agar bisa berkicau dengan lantang dan menirukan berbagai suara burung lainnya.

Sebelum membeli burung Samyong, perhatikan juga jenis kelamin burung tersebut. Banyak orang yang salah pilih burung karena tidak mengetahui ciri fisik antara Samyong jantan dengan Samyong betina. Hal ini merugikan Anda karena harga burung Samyong mahal.

Habitat burung Samyong mulai berkurang sehingga populasi burung tersebut menjadi langka. Samyong hanya bisa hidup di alam liar seperti di hutan ataupun kebun yang masih lebat. Kelangkaan burung ini membuat harga jual Samyong mahal daripada burung lainnya.

Burung Samyong merupakan jenis burung kicauan dengan suara yang merdu dan bervariasi. Namun, harga burung Samyong terbilang mahal sehingga masih jarang yang memeliharanya ataupun membudidayakan burung yang satu ini.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar