Harga Burung Sirtu

Kebanyakan burung dapat dibedakan melalui suara kicauannya. Hal ini berlaku juga untuk burung Sirtu yang cukup terkenal dikalangan penghobi burung. Selain karena harga burung Sirtu yang cukup terjangkau, burung ini cukup mudah ditemui terutama di pasar-pasar burung.

Walaupun terbilang terjangkau, burung Sirtu mudah dipelihara dan memiliki suara yang cukup merdu, sehingga dapat digunakan sebagai media hiburan. Oleh karena itu, burung sirtu juga cocok dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Ciri-Ciri Burung Sirtu

harga burung sirtu

Burung Sirtu jantan cenderung memiliki suara lebih merdu dan lantang dibandingkan dengan burung Sirtu betina. Selain suara yang berbeda, burung Sirtu jantan juga memiliki kelebihan lain, seperti warna bulu yang lebih bagus dan lebih mengkilap dibandingkan burung betina.

Postur burung Sirtu jantan lebih tegap dan besar dibandingkan burung Sirtu betina. Burung Sirtu sebenarnya lebih dikenal sebagai burung kicau di kalangan para pecinta burung, sehingga kurang cocok diikutkan dalam kontes.

Jika ingin menangkarkan burung ini, disarankan untuk memilih bibit yang bagus terutama untuk pejantan. Jangan khawatir, karena harga burung Sirtu jantan cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong.

Ciri-ciri burung Sirtu jantan diantaranya adalah memiliki bulu dengan warna yang cukup tegas dan mengkilap, postur tubuh panjang dan meramping, bersuara lantang, dapat berdiri tegap, serta memiliki kepala dengan ukuran yang lebih besar dari sirtu betina.

Sementara itu, ciri-ciri burung Sirtu betina antara lain memiliki warna yang lebih kusam, bentuk tubuh lebih kecil dan bulat, suara lebih lemah dari pejantan, posisi berdiri kurang begitu tegap, serta memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari sirtu jantan.

Video Suara Burung Sirtu Gacor

Jenis-Jenis Burung Sirtu

Burung Sirtu memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan penampilan serta suaranya. Di dunia, setidaknya ada 4 jenis burung Sirtu yang dikenal dengan 2 jenis diantaranya berasal dari Indonesia. Berikut jenis-jenis burung Sirtu di dunia beserta penjelasannya.

  1. Burung Sirtu Kacat (Aegithina tiphia)

harga burung sirtu

Burung jenis ini merupakan salah satu dari 2 jenis burung Sirtu yang berasal dari Indonesia. Burung jenis ini banyak ditemukan di pasar-pasar burung di tanah air, terutama di Jawa dan Sumatra. Sehingga, burung ini banyak dipelihara oleh masyarakat daerah sana.

Dari segi penampilan, burung ini memiliki warna kuning kehijau-hijauan yang bagus. Burung ini juga memiliki garis putih yang mencolok dengan perpaduan warna hitam. Bagian sayapnya berupa bulu berwarna putih. Bagian tenggorokan, dada, dan perut berwarna dominan kuning.

Untuk bagian lain seperti mata, terdapat bagian kuning pada bagian bawah dan atas mata. Sementara iris mata berwarna putih keabu-abuan. Untuk bagian lainnya seperti paruh dan kaki, burung ini dominan memiliki warna hitam kebiruan.

  1. Burung Sirtu Jantung (Aegithina viridissima)

harga burung sirtu

Burung Sirtu jenis ini merupakan jenis burung yang terbilang jarang dipelihara oleh masyarakat umum. Hal ini wajar, karena burung Sirtu Jantung tidak cukup popular di kalangan pecinta burung untuk diperlombakan.

Dari segi penampilan saja, burung ini terbilang mungil karena memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya sekitar 13 cm saja. Walaupun memiliki 4 jenis warna yang menarik, tapi karena ukurannya yang cukup kecil, warnanya menjadi tidak terlalu terlihat.

Bagian kepala, dada, dan punggung burung ini didominasi warna hijau zamrud yang cantik.. Untuk paruhnya sendiri terbilang kecil dan berwarna kehitaman. Sedangkan area matanya memiliki bercak kekuningan yang hampir membentuk lingkaran.

  1. Burung Sirtu Besar (Aegithina iafresnayei)

harga burung sirtu

Burung Sirtu jenis ini memiliki info cukup langka. Burung ini memiliki karakteristik berwarna kuning terang yang mencolok, serta dengan kepala dan leher didominasi warna hijau. Untuk bagian sayap, burung ini memiliki warna cenderung hijau dengan garis hitam.

  1. Burung Sirtu Ekor Putih (Aegithina nigrolutea)

harga burung sirtu

Sesuai namanya, bagian ekor burung ini didominasi oleh warna putih dan hitam. Warna bulunya lebih merata, dimulai dari kepala hingga bagian perut. Selain itu, warna burung sirtu jenis ini juga tidak semencolok burung Sirtu besar.

Harga Burung Sirtu Terbaru Hari Ini

Harga Burung Sirtu Terbaru Hari Ini

Seperti disebutkan sebelumnya, burung Sirtu memiliki harga yang lumayan terjangkau. Harga burung Sirtu dimulai dari sekitar Rp30.000,00 hingga Rp200.000,00. Tergantung jenis kelamin dan usianya. Pada umumnya, harga burung Sirtu anakan cenderung lebih murah dibandingkan dengan indukan.

Harga anakan memang cenderung lebih murah dikarenakan anakan burung masih sangat rentan dan belum bisa berkicau sama sekali. Jika tertarik untuk mengembangbiakkan burung ini, berikut daftar harga burung Sirtu terbaru yang bisa digunakan sebagai bahan referensi.

Jenis Burung SirtuHarga (Rp)
Burung Sirtu Gacor100.000 – 350.000
Burung Sirtu Hutan30.000
Burung Sirtu Lolohan Jantan200.000
Burung Sirtu Betina150.000
Burung Sirtu Sepasang300.000
Burung Sirtu Bahan75.000

Dilihat dari tabel di atas, harga burung Sirtu gacor lebih mahal dibandingkan dengan burung Sirtu jenis lain. Gacor yang dimaksud di sini adalah burung yang memiliki kicauan yang bagus dan mantap. Kata gacor sendiri diambil dari Bahasa jawa yang berarti berbunyi nyaring.

Untuk menjadi burung yang gacor, burung Sirtu perlu dirawat secara khusus dan telaten. Jika tidak, bukan tidak mungkin jika burung tersebut akan memiliki kicauan yang buruk. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menerapkan tips dan trik membuat buruk gacor dan bersuara merdu.

Tips Membuat Burung Sirtu Menjadi Gacor

harga burung sirtu

Burung Sirtu hampir mirip dengan burung Cucuk Ijo yang mudah kaget. Kondisi ini bisa menyebabkan burung menjadi pendiam dan tidak bisa berkicau dalam waktu yang cukup lama. Namun, ini masih bisa diatasi dengan memberikan beberapa perlakuan berikut ini:

  1. Pengembunan

Lakukan pengembunan tiap jam 5 pagi. Pastikan burung Sirtu dalam keadaan sadar agar tidak kaget dan stress. Agar tidak kaget, sebaiknya burung Sirtu dibangunkan lebih dulu sebelum diambil dari kandangnya dengan cara mengetuk kandang beberapa kali dengan agak keras.

  1. Pemandian

Mandikan burung Sirtu dengan cara disemprot menggunakan spray dengan lembut hingga bulu burung basah sempurna. Setelah disemprot letakkan tempat mandi kecil, agar burung dapat mandi sendiri. Setelah mandi, jemur burung Sirtu agar cepat kering.

  1. Penjemuran

Durasi penjemuran bisa berbeda-beda tergantung karakter burung itu sendiri. Namun, sebaiknya penjemuran tidak boleh dilakukan diatas jam 11 siang karena saat itu sinar matahari sudah tidak sehat. Setelah dijemur, Sirtu sebaiknya diangin-anginkan lebih dulu sebelum kembali dikandangkan.

  1. Pemilihan makanan

Secara alami, burung merupakan omnivore yang memakan serangga, buah dan biji-bijian. Untuk burung Sirtu yang dipelihara, burung diberi makan voer lembut sedikit-demi sedikit. Setelah seminggu, tambahkan jumlah voer dengan tambahan serangga sebagai ekstra.

  1. Setting harian

Burung perlu dilatih agar terbiasa dengan setting harian selama ± 2 minggu. Untuk makanan, penambahan vitamin serta nutrisi lainnya dapat dilakukan secara pelan-pelan. Selain itu, pemberian makanan tambahan seperti serangga dan kroto dapat dilakukan tiap hari agar burung lebih gacor.

Harga burung Sirtu yang cukup terjangkau membuat siapa saja bisa memilikinya sebagai hewan peliharaan di rumah. Jika ingin burung sirtu bersuara gacor dan merdu, maka harus diberi beberapa perlakuan setiap harinya.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar