Harga Burung Walet

Burung Walet mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki burung lain yaitu dapat dijadikan ladang bisnis menguntungkan. Khususnya ditengah pandemi virus ini harga burung Walet melambung sangat tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Burung Walet merupakan jenis burung yang habitat aslinya di gua. Collacolia Vestita ini membentuk sarang di gua sebagai tempat tinggalnya. Walet dapat dipelihara dan dibudidayakan di tempat khusus sebagai burung peliharaan yang menguntungkan.

Walet juga mempunyai beberapa jenis dengan karakter yang bervariasi. Setiap jenis Walet mempunyai ciri fisik yang berbeda dan menjadi karakteristik burung tersebut.

Mengenal Burung Walet

harga burung walet

Burung Walet merupakan burung yang hidup di tempat besar dan alami. Burung ini hidup berkoloni dan membuat sarang disana dengan jumlah sarang yang cukup banyak.

Burung Walet mempunyai sayap yang runcing yang menjadi ciri khasnya. Bagian bawah badanya berwarna coklat dan bagian ekornya berwarna hitam dan panjang. Sehingga burung ini mudah dikenali hanya dengan melihat bentuk dan warna tubuhnya.

Burung Walet akan terus membuat sarang jika sudah menemukan tempat atau gua yang tepat. Walet akan terus membuat sarang meskipun sudah memasuki waktu untuk berkembang biak. Sarang tersebut menjadi nilai jual yang tinggi bagi burung Walet.

Harga burung Walet sekarang menurun karna kegiatan ekspor impor luar negeri. Seharusnya burung Walet dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Walet dapat membuat sarang dengan perilakunya masing-masing. Dari sarang Walet tersebut mendatangkan keuntungan yang luar biasa. Sehingga banyak orang yang mencari keuntungan dengan membuka bisnis burung Walet.

Video Suara Burung Walet Gacor

Daya Tarik Burung Walet

harga burung walet

Burung Walet mempunyai keunikan sendiri yang menjadi daya tariknya. Tidak heran jika harga burung Walet sangat fantasik terutama saat ini karena sulit didapatkan. Burung Walet termasuk jenis unggas terbang yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

Walet termasuk hewan behavior yaitu akan kembali ke habitat aslinya walaupun sudah pergi jauh. Sehingga banyak orang yang memelihara burung ini dan tidak khawatir jika Walet pergi dari kandangnya. Walet juga hidup dengan berkoloni.

Walet tidak dapat hidup sendiri-sendiri dan membutuhkan orang lain. Sehingga mereka akan saling melindungi satu sama lain jik terancam bahaya. Burung Walet juga akan terbang berkelompok untuk saling menjaga dari ancaman predator saat terbang.

Dengan cara saling melindungi satu sama lain tersebut, Walet bisa bertahan hidup. Karena burung ini tidak mempunyai senjata lain yang digunakan untuk melindungi dirinya. Selain kelompoknya masing-masing.

Jenis Burung Walet dan Ciri Khasnya

Burung Walet mempunyai beberapa jenia yang terkenal diantaranya:

1. Burung Walet Putih

harga burung walet

Walet Putih mempunyai sarang yang berwarna putih. Sebenarnya  Walet ini mempunyai tubuh berwarna coklat hitam pada bagian atasnya. Pada bagian bawah tubuhnya berwarna coklat.

Walet Putih mempunyai ekor yang sedikit bercelah. Burung ini berukuran 12 cm yang sangat kecil. Namun suaranya sangat nyaring dengan sayap yang kokoh saat terbang. Bagian kaki dan paruhnya berwarna hitam.

Jenis Walet ini mampu melakukan ekolokasi seperti Kelelawar. Penyebaranya di Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Dengan harga burung Walet per ekor yang sangat mahal.

2. Burung Walet Sarang Hitam

harga burung walet

Jenis Walet ini mempunyai tubuh berwarna coklat dan bagian ekornya berwarna coklat kelapa. Ekornya mempunyai celah dengan bulu kakinya rata. Ciri fisik tersebut menjadi karakter dari Walet Sarang Hitam.

Walet ini hidup di gua kapur dan memakan serangga. Ukuran tubuhnya kecil sekitar 13 cm dengan mata yang berwarna coklat tua. Burung ini dapat bertelur dalam satu sarang hanya satu saja.

Walet Sarang Hitam tersebar di negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, Mynmar dan Indonesia. Dengan habitat asli di wilayah hutan pengunungan tropika dan hutan hujan.

3. Burung Walet Gunung

harga burung walet

Walet Gunung tinggal di celah batu atau kawah gunung seperti namanya. Waler ini mempunyai ciri fisik pada tubuhnya yang lebih besar dan berukuran 14 cm. Bagian ekornya berwarna abu-abu hitam.

Suara kicauanya sangat khas dan nyaring, meski masih anakan. Serta air liurnya mempunyai harga yang mahal seperti jenis lainnya. Penyebaranya di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia yang masih mempunyai hutan alami.

4. Burung Walet Besar

harga burung walet

Seperti namanya, Walet ini berukuran besar sekitar 16 cm. Tubuhnya berwarna hitam dengan bagian bawah berwarna coklat gelap. Walet ini mempunyai kemampuan terbang yang lebih cepat dan tinggi.

Begian ekornya bercelah dengan suara kicauan yang nyaring dan keras. Suara Walet Besar ini dapat terdengar saat terbang. Sarangnya berbentuk mangkuk terbuat dari lumut dan serat sehingga sangat kotor dan berserat.

5. Burung Walet Sapi

harga burung walet

Walet Sapi termasuk dalam suku Apodidae. Habitat aslinya di padang rumput dan alam terbuka dengan pohon rindang.

Bulu pada bagian bawahnya berwarna gelap dan bagian perut berwarna putih. Ekornya mempunyai celah dengan kaki dan paruh hitam. Walet Sapi berukuran sangat kecil yaitu 10 cm dan matanya berwarna coklat.

Harga burung Walet per kilo ini terbilang mahal dengan kualitas sarang yang baik. Sarangnya terbuat dari lumut dan rumput serta tida beraturan. Suaranya juga nyaring dan melengking tinggi sehingga sangat menarik.

Burung Walet Sapi tersebar di berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Vanuatu, Thailand, India, Singapura, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Burung ini bisa hidup di celah gua dan batu.

Penyebaran Burung Walet

harga burung walet

Burung Walet hanya mampu hidup di daerah yang tropis. Sehingga hewan ini tidak bisa hidup di lingkungan yang terlalu dingin maupun panas. Sehingga banyak ditemukan di negara yang mempuunyai iklim tropis salah satunya di Indonesia.

Walet tersebar di wilayah Asia Tenggara yang mempunyai suhu sekitar 26 samlai 29 derajat celcius. Burung ini juga menyukai tempat yang lembab dan sejuk sehingga biasanya tinggal di dalam gua. Hal ini sangat memengaruhi produksi air liur dan kualitasnya.

Air liur Walet semakin bagus dan berkualitas saat musim hujan. Karena udara di sekitar sejuk dan lambab. Jika sedang musim panas, kualitas air liur Walet menurun karena udara menjadi kering dan panas. Air liur tersebut digunakan untuk membuat sarang Walet.

Daftar Harga Burung Walet Terbaru Hari Ini

Daftar Harga Burung Walet Terbaru Hari Ini

Ditengah wabah pandemi Corona ini harga burung Walet menurun drastis Karena virus tersebut telah memutuskan semua hubungan bisnis berbagai negara di dunia. Sehingga produksi sarang Walet terus merosot termasuk di Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur.

Saat ini proses eksportir burung Walet ke China terus terkendala bahkan ditutup. Sehingga berimbas ke bisnis burung Walet tersebut. Bukan hanya untuk bisnis Walet, hampir semua sektor ekonomi sedang diuji dengan maraknya virus Corona ini.

Ekspor burung Walet saat ini sangat sulit. Karena penerbangan dilarang dan ditutup sementara waktu. Padahal negara China menjadi sektor ekspor Walet terbesar. Jika tidak ada pengiriman para pengusaha Walet harus berpikir panjang untuk masa depan bisnisnya.

Daftar harga burung Walet terbaru adalah sebagai berikut.

Jenis Sarang Burung WaletHarga SemulaHarga Hari Ini
Sarang MangkokRp. 13.000.000Rp. 9.000.000
Sarang SudutRp. 7.000.000Rp. 6.000.000
Sarang Patahan MangkokRp. 10.000.000Rp. 8.000.000

Jika pemerintah melarang penerbangan menuju China harga burung Walet akan semakin merosot. Bahkan bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar melihat selisih harga yang terlalu besar. Masalah ini akan terus berlanjut sebelum pandemi berakhir.

Mahasiswa pecinta burung, suka traveling. Hobi menulis dan sekarang menulis di blogburung.com

Tinggalkan komentar